UII Target Miliki 100 Guru Besar Dalam 5 Tahun

Rektor UII Prof Edy Suandi Hamid (kanan) ketika menyerahkan SK pengangkatan Guru Besar Antropologi Hukum kepada Prof Jawahir Thontowi (Kiri). (Foto: R

YOGYA (KRjogja.com) – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mematok target miliki 100 orang guru besar selama 5 tahun kedepan. Pencapaian diimbangi dengan peningkatan tenaga pengajar yang memiliki jenjang doktoral atau S3 serta peningkatan perkembangan akademisi di kampus.

Saat ini UII memiliki dosen berpendidikan S3 sebanyak 68 orang, dan yang tengah meyelesaikan jenjang doktoral sebanyak 106 dosen. ” Sementara yang akan diberangkatkan menyelesaikan jenjang S3 dalam waktu dekat sebanyak 20 orang. Jika demikian, 5 tahun mendatang kita sudah memiliki tenaga pengajar doktor sebanyak 200 orang. Dan dari angka tersebut kita yakin bisa menargetkan 100 diantaranya mencapai guru besar,” ujar Ketua Yayasan Badan Wakaf UII Luthfi Hasan MS, dakam acara penyerahan Surat Keterangan (SK) pengangkatan Guru Besar Antropologi Hukum bagi Prof Dr Jawahir Thontowi, Senin (25/1).

Menurutnya, secara teori dengan banyaknya guru besar tersebut akan memperkuat posisi suatu institusi. Namun demikian, hal tersebut juga harus diimbangi dengan lebih banyaknya karya yang dihasilkan.

”Sudah guru besar bukan berarti berhenti. Tetapi ada peraturan pemerintah yang mengatur bahwa guru besar harus tetap berkarya dan setiap waktu tertentu dan akan ada penilaian tentang keilmuannya. Evaluasi dilakukan dari tingkat fakultas hingga menteri,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor UII Prof. Edy Suandi Hamid menyatakan, dengan didapatnya SK pengangkatan guru besar bagi Jawahir Thontowi tersebut maka saat ini UII memiliki guru besar sebanyak 19 orang. ”Prof Jawahir merupakan guru besar yang ke 19 yang dimiliki UII, seharusnya ke 20, namun satu diantaranya sudah meninggal dunia,” katanya.

Ia berharap guru besar semacam ini, bukan lantas pengabdiannya selesai. Namun justru awal pengabdian kembali dimulai. “Meski sudah menjadi guru besar, kedepan masih wajib menghasilkan karya-kaya yang berguna bagi sisi keilmuannya,” imbuhnya. (Ran)

Sumber: Click Here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s