Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan sebagai Bentuk Penerjemahan Renstra UII

uiiDalam menjalankan langkah strategis, UII berkomitmen terhadap prinsip values berupa nilai-nilai dasar keislaman, innovation yang dihimpun dalam upaya pembentukan masyarakat akademik yang visioner dalam membangun paradigma berilmu amaliah dan beramal ilmiah, dan perfection yang dikobarkan dalam semangat untuk bersungguh-sungguh menjadi teladan yang amanah.

Berikut adalah tema yang coba diangkat dalam Workshop Mata Kuliah Universitas (MKU) Keagamaan yang dilaksanakan pada Kamis (18/12) di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito UII. Workshop yang diprakarsai oleh Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII tersebut mengetengahkan konsep tetang penerapan nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran dosen di uiversitas.

Tampak hadir pada workshop tersebut Wakil Rektor I Dr.–Ing. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., Kepala BPA UII Fathul Wahid, Ph. D., dan beberapa dosen di lingkungan UII. Sebagai pembicara pada workhsop tersebut Prof. Hamidullah Marazi dengan dimoderatori oleh Direktur Centre for Local Law Development Studies Fakultas Hukum (CLDS FH) UII Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D.,

Dalam sambutannya, Ilya Fadjar menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi poin penting Rencana Strategis Univervitas Islam Indonesia (UII) periode ini adalah penanaman nilai-nilai keislaman. Workshop kali ini adalah salah satu upaya UII untuk terus melaksanakan nilai-nilai keislaman tersebut dalam proses pembelajaran secara keseluruhan. Mulai dari proses perkuliahan, pembentukan suasana kampus yang Islami, serta proses pelayanan akademik lainnya.

Ditambahkan oleh Ilya Fadjar bahwa penerapan nilai keislaman juga sejalan dengan misi UII yaitu menjadi rahmatan lil alamin. Menjadi rahmat bagi alam semesta dapat diterjemahkan dalam komitmen universitas pada kesempurnaan, risalah islamiyah dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah, setingkat universitas di negara-negara maju.

Sebagai pembicara, Hamidullah Marazi menyampaikan materi terkait dengan proses islamisasi dalam pendidikan dan ilmu pengetahuan. Integrasi antara ilmu pengetahuan dan pendidikan dengan islam merupakan proses yang sangat penting dimana upaya tersebut harus bisa dimulai dari sekarang.

Sumber: http://www.uii.ac.id/content/view/3238/1254010100/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s