Batas Laut Indonesia Perlu Segera Dipertegas

Yogyakarta ( Berita ) : Pemerintah Indonesia perlu segera mempertegas batas wilayah laut yang bersinggungan dengan wilayah negara lain untuk mencegah semakin maraknya kasus penangkapan ikan tanpa izin atau “illegal fishing”, kata pengamat hukum laut internasional, Hasyim Djalal.

“Masalah kita ada di beberapa titik batas laut yang belum tegas,” kata Hasyim Djalal seusai seminar mengenai sengketa Laut Tiongkok Selatan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis [10/09].
Menurut mantan Duta Besar RI untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, masih ada beberapa titik zona ekonomi ekskulisif (ZEE) Indonesia yang belum diakui oleh negara tetangga antara lain yang berbatasan dengan wilayah laut Vietnam dan Malaysia. n”Indoensia sebenarnya sudah menyusun perjanjian dan melakukan perundingan dengan Vietnam serta Malaysia namun sampai sekranag belum jalan,” kata dia.
Ia mengatakan, apabila sengketa ZEE, landas kontinen, serta batas terirorial yang bersinggungan dengan negara lain dapat segera diselesaikan, maka upaya penangkapan ikan secara ilegal dapat dipertegas.
Menurut Hasyim, penindakan secara tegas yang telah diupayakan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terhadap kasus illegal fishing perlu didukung dengan kepastian hukum batas wilayah perairan Indonesia. “Sesuai yang diatur dalam hukum internasional, apabila memasuki ZEE kita memang bisa langsung ditangkap, kata dia.
Sementara itu, pakar hukum internasional Universitas Indonesia Yogyakarta, Jawahir Thontowi mengatakan selain batas laut, batas darat yang bersinggungan dengan negara lain juga perlu dipertegas.
Menurut dia, apabila seluruh batas wilayah Indonesia telah memiliki kepastian hukum yang jelas, pemerintah dapat memfokuskan pembangunan di perbatasan. “Setelah semua (kesepakatan batas wilayah) jelas, baru pemerintah bisa memantapkan pembangunan di perbatasan,” kata dia. (ant )

Sumber: http://beritasore.com/2015/09/10/batas-laut-indonesia-perlu-segera-dipertegas/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s