PAKAR: HUKUM KREATIF PERLU DIKEMBANGKAN HADAPI MEA

WE Online, Yogyakarta – Mahasiswa Fakultas Hukum perlu mengembangkan pemikiran hukum kreatif yang mampu menjawab permasalahan pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, kata pakar hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Jawahir Thontowi.

“Konsep pemikiran hukum kreatif merupakan pemahaman seorang ahli hukum yang tidak hanya berkutat pada penguasaan atas teks-teks hukum dalam undang-undang, tetapi juga dapat menerapkan pemahaman hukum sebagai ‘problem solver’ atas masalah sosial di masyarakat,” katanya di Yogyakarta, Kamis.

Pada seminar bertajuk “Peran dan Tantangan Mahasiswa serta Praktisi Hukum dalam Menghadapi MEA 2015”, ia mengatakan untuk dapat berpikir hukum kreatif, tentu perlu keluar sejenak dari pakem-pakem yang ada. “Terkait dengan Masyarakat Ekonom ASEAN (MEA), mahasiswa Fakultas Hukum sebagai calon ahli hukum harus paham tentang regulasi, perjanjian, dan hukum internasional yang disepakati Indonesia di dalamnya,” katanya.

Selain itu, juga banyak belajar untuk menerapkan hal tersebut pada permasalahan yang kasuistik. Mahasiswa Fakultas Hukum juga perlu dibekali dengan “skill” negosiasi dan lobi agar tidak gagap dalam menghadapi perundingan. Menurut dia, menjelang diberlakukannya MEA 2015, segenap elemen bangsa perlu terus mempersiapkan diri agar tidak hanya sekadar menjadi penonton dalam kesepakatan regional tersebut. “Hal itu tidak terkecuali bagi para mahasiswa Fakultas Hukum yang akan menjadi calon-calon aparat penegak hukum dan pelayan hukum bagi masyarakat,” kata Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) ini.

Dalam menghadapi MEA, kata dia, mereka kelak akan banyak bersinggungan dengan permasalahan hukum yang tidak hanya bersifat lokal nasional, tetapi juga regional internasional. “Hal itu dapat terjadi karena pada MEA, Indonesia telah menjadi kawasan pasar bebas regional di mana banyak bangsa lain yang akan masuk dan ikut berkompetisi di negeri ini sehingga munculnya sengketa hukum pun sangat dimungkinkan,” katanya. (Ant)

Editor: Achmad Fauzi

Foto: Sufri Yuliadi

Sumber: http://wartaekonomi.co.id/read/2015/01/15/42285/pakar-hukum-kreatif-perlu-dikembangkan-hadapi-mea.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s